Skip to main content

Ayam Kampung vs Ayam Negeri

Beberapa waktu yang lalu sepulang dari tempat salah satu customer, saya beranjak pulang dari Kebun Jeruk ke Mid Plaza. Ada hal menarik sepanjang perjalanan pulang yang saya dapatkan dari sang driver taxi, 19 mei 2011. 

Beliau adalah seorang yang berasal dari ambon yang usianya mungkin sudah kepala 5 tapi semangat dan tenaganya masih kuat. Pada saat saya ngobrol di bangku belakang bersama Eric (salah satu tim di departemen saya) masalah kacamata. 

Sang driver nyeletuk: ‘mas sudah berapa lama pake kacamata?’ Nah dari situlah cerita ayam kampung vs ayam negeri dimulai. Berikut ringkasan cerita yang menarik itu, dan saya awali dari cerita orang Indonesia sekarang dibandingkan orang Indonesia dahulu. 

Orang Indonesia dahulu, kita sebut saja IDa, adalah orang yang tangguh. Sejak ayam boiler / ayam negeri masuk ke Indonesia pada tahun 1971, beliau menilai pada tahun 1973 orang Indonesia mulai menunjukkan kebodohannya, (kita sebut saja orang Indonesia sekarang dengan IDb).

IDa jarang lupa, kalo menaruh suatu barang jarang sekali lupa. Kalo IDb menaruh barang sebentar ditinggal konsen yang lain dikit, sudah banyak yang lupa. Pembaca pernah mengalami hal ini? IDa kalo dikagetin ya cuma kaget. Kalo IDb dikagetin biasanya jantungan. Hehehe IDa sangat kuat, panas hujan, ga masalah. Tidur di lantai cuma beralaskan tikar dan berselimut sarung, ga ada masalah. IDb panas neduh, hujan neduh karena kalo kehujanan bisa flu. Tidur kalo ga di kasur bisa masuk angin. Pembaca pernah mengalami hal ini? 

ayam kampung
IDa kalo jatuh di kamar mandi, paling parah ya cuma pingsan. IDb jatuh di kamar mandi bisa jadi struk. Hehe IDa kalo berkelahi gentle. Satu lawan satu. Perang pake bambu lawan pake tank, masih bisa menang. IDb kalo kelahi ya keroyokan. Pembaca pernah mengalami hal ini? Itulah yang membedakan orang Indonesia dahulu dengan orang Indonesia sekarang. Kenapa bisa begitu? Karena orang indonesia sekarang sudah kebanyakan makan Mie, ayam dan telor negeri / ayam potong / ayam boiler. Kalo orang Indonesia dahulu makannya ayam kampung, lanjut sang driver.

Dan berikut pula perbedaan ayam negeri atau ayam boiler atau ayam potong (AN) dengan ayam kampung (AK) : AN, makanannya selalu dikasih obat / yang mengandung bahan kimia, sehingga tidak terlalu sehat. AK makanannya kebanyakan alami, kadang cacing, kadang beras, dan sebagainya. Tempat tinggal AN selalu dilindungi dari panas dan hujan, sehingga kalo kena suhu dingin dikit pasti dia sakit. Sedangkan AK, dia dilepas bebas, cuma kalo malam hari saja dia ada di kandang. 

AK bila hujan, kehujanan, kalo panas, ya kepanasan. Karena kebiasaan itulah AK lebih kebal terhadap lingkungan. Kebanyakan makan AN manusia bakal lebih sering sakit-sakitan kalo terkena sedikit perbedaan suhu, lanjut sang driver. 

Di tengah pembicaraan tersebut, saya minta ijin untuk minum, Dan waktu itu saya minum Fanta kaleng. Sang driver nyeletuk ‘Mas suka minum minuman itu? Kalo mas suka minum itu, awas jantungnya jebol’. Hahaha saya kaget dan saya cuma minum dikit, sisanya saya buang. Dia melanjutkan, Indonesia sekarang banyak dibodohin oleh orang asing. Sekarang banyak orang Indonesia berobat ke Malaysia padahal dulu banyak mahasiswa Malaysia yang belajar ilmu kedokteran di Indonesia. Sekarang kita banyak yang tergantung dengan kalkulator karena banyak yang lupa berapa 9 kali 9. Makanya China dan Jepang ekspor kalkulator ke Indonesia. 

Di akhir perbincangan beliau juga bercerita, banyak penumpangnya yang sudah dikasih pesan tersebut, dan bahkan ada seorang dokter yang setuju dengan beliau. Beliau ingin menyampaikan pesan sederhana tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…

Kedai Inspirasi, Tempat Nongkrong Unik Pertama di Nganjuk

Sejak 1 Januari 2017, di Nganjuk, tepatnya di Jl. DI Panjaitan No 21 Nganjuk (belakang Pasar Wage Nganjuk ke selatan) telah dibuka sebuah warung kopi yang dinamakan Kedai Inspirasi. Berbagai keunikan fasilitas yang diberikan di kedai ini, yang membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi tempat unik pertama di Kota Nganjuk. Ingin tau keunikan apa saja yang ada di tempat ini? YUK kita simak.
Kedai Inspirasi ini, terdapat titik-titik untuk berfoto-foto untuk mereka yang gemar melakukan selfie. Dan uniknya, dengan trik foto yang sederhana, para pengunjung dapat memiliki foto yang di luar perkiraan. Menurut pemiliknya, ini merupakan yang pertama di Nganjuk.

Selain itu, terdapat berbagai kata-kata motivasi untuk kalangan anak muda, juga joke-joke yang menohok. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat anak muda Nganjuk pada khususnya untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.
Di Kedai Inspirasi tersebut, juga memiliki keunikan dalam pelayanan makanannya, yaitu drive thru…