Skip to main content

Tragedi Ospek ITN Malang

Ospek saya tahun 2003, coba cari saya yang mana?
Miris banget lihat beberapa foto yang beredar tentang ospek di ITN Malang, yang sampai menewaskan salah satu mahasiswa baru. Tidak perlu saya upload di sini, mungkin temen-temen pembaca sudah tau semua lewat google. Pertanyaan yang selalu terlintas adalah 'apa yang ada dibenak para senior itu', 'niat apa yang ada di dalam pikiran para senior itu?' Ada berapa banyak mahasiswa lama yang ikut andi dalam kepanitiaan ospek di ITN sih? Apakah mereka semua sudah tidak punya naluri? Apakah tidak ada yang berfikir bahwa pukulan itu pasti menyakitkan saudara yang dipukul? Atau adegan pelecehan seksual apakah juga mendapat restu dari para panitia perempuan?

Tiba-tiba saya ingat saat ospek dulu di kampus saya ITS Surabaya. Keras, tegas, namun bermakna. Sampai-sampai para senior saya mendatangkan anggota TNI untuk melatih fisik dan mental kami sebagai mahasiswa baru. Beberapa yang masih sering saya kenang adalah latihan mental, dimana dengan tekanan dari banyak senior, kami mahasiswa baru secara individu diwajibkan masih memiliki pemikiran jernih atas pendapat-pendapat para senior yang salah. Kami sering adu argumen dengan senior dengan jarak yang sangat dekat, mungkin hanya 10cm tentunya dengan bentakan-bentakan. Kalo ditengah tekanan itu kami ga bisa berfikir jernih hukumannya bisa jadi push up atau scot jump. Fungsinya apa? Melatih fisik dan mental. Namun sekeras apapun tekanan dari para senior itu, tidak ada satupun ada kontak fisik.

Ada 1 kalimat yang sampai sekarang saya ingat, yang keluar dari kakak kelas, dia bernama Ike Rodiyah. Di tengah-tengah lapangan, saat kami kaum pria mahasiswa baru push up, dia hanya teriak :

'ayo pikir!!! jangan kalah sama anak trisakti, mereka swasta tapi bisa membawa perubahan untuk Indonesia'.

Salut untuk mba ike, yang sekarang kabarnya sukses mengikuti suami (yang juga kakak kelas) di Jepang.

Sistem ospek yang ada di ITS waktu itu yang membuat saya juga berpikir, ini pendidikan yang bagus. Melatih berpikir jernih dan tetap berusaha dalam situasi sulit. Dan hal itu pula yang membuat saya semangat saat tahun 2005 menjadi wakil ketua himpunan mahasiswa dan merangkap menjadi ketua panitia ospek jurusan waktu itu.

Dulu, mahasiswa sangat disegani oleh masyarakat. Menjadi agent of change. Saat ini kita sering lihat mahasiswa demo, dan kebanyakan berujung ricuh. Apa mungkin karena salah satu pendidikan di ospek yang salah? Mengedepankan fisik sampai berujung korban jiwa? 

Sering lihat anak SMA tawuran? Apakah mereka meniru kakak kelasnya yang sok jagoan di kampus? Yang hanya berani tawuran, bukan head to head?

Ospek yang benar, akan membuat kita menjadi keluarga, yang saling membutuhkan satu sama lain. Kita akan mengerti posisi kita sebagai mahasiswa. Mengerti tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa. Semoga tidak ada lagi ospek yang tidak memiliki fungsi. Kasihan nanti adik-adik mahasiswa baru jika salah dalam pendidikan awal. 

Comments

  1. aq ospek oleh pacar trus Alhamdulillah jadi Ibu dari anakku. den\mikian pula berapa temanku.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…

Kedai Inspirasi, Tempat Nongkrong Unik Pertama di Nganjuk

Sejak 1 Januari 2017, di Nganjuk, tepatnya di Jl. DI Panjaitan No 21 Nganjuk (belakang Pasar Wage Nganjuk ke selatan) telah dibuka sebuah warung kopi yang dinamakan Kedai Inspirasi. Berbagai keunikan fasilitas yang diberikan di kedai ini, yang membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi tempat unik pertama di Kota Nganjuk. Ingin tau keunikan apa saja yang ada di tempat ini? YUK kita simak.
Kedai Inspirasi ini, terdapat titik-titik untuk berfoto-foto untuk mereka yang gemar melakukan selfie. Dan uniknya, dengan trik foto yang sederhana, para pengunjung dapat memiliki foto yang di luar perkiraan. Menurut pemiliknya, ini merupakan yang pertama di Nganjuk.

Selain itu, terdapat berbagai kata-kata motivasi untuk kalangan anak muda, juga joke-joke yang menohok. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat anak muda Nganjuk pada khususnya untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.
Di Kedai Inspirasi tersebut, juga memiliki keunikan dalam pelayanan makanannya, yaitu drive thru…