Skip to main content

Nostalgia di Lumajang

Lumajang, tempat lahir saya. Saya tinggal di kota Lumajang sampai kelas 2 SMP. Nah kemarin saya ngantar orang tua untuk acara reuni di Lumajang, selama 3 hari di sana, dan lokasinya persis di depan tempat tinggal saya waktu masih bayi sampe usia 6 tahun. 

Saya berkunjung juga ke tempat waktu saya menghabiskan waktu usia SD dan SMP tersebut. Tepatnya di Desa Dawuhan Lor. Ke tempat main gobaksodor, belajar badminton, mandi di sungai, main petak umpet, ke tempat usaha bapak saya waktu itu, main ke SD tempat saya belajar, berkunjung ke tetangga-tetangga juga. Dan alhamdulillah semua masih ingat persis hampir setiap kejadian di sana. Berasa jadi anak kecil lagi. 

Saya ketemu beberapa tetangga dan teman-teman waktu kecil. Ngobrol jaman dulu kala. Ketemu juga dengan sahabat dari bapak saya, partner bisnis, dan bekas tempat bisnis yang sekarang masih jalan yang dijalankan oleh partnernya dulu.

dengan Indah, sahabat waktu SD
Ibu dengan mba Tatik

Saya keliling desa, persis tempat saya main dulu. Mampir ke sungai, mengingat-ingat bagaimana serunya mandi di sungai, terutama saat airnya masih jernih. Sungai yang dulu berada di tengah-tengah sawah, sekarang berada di tengah-tengah rumah. Sawahnya tinggal sedikit. Hiks...

Bapak bersama sahabat2 saat masih muda dulu
Sungai tempat saya mandi hampir tiap hari

Ini SD saya dulu


Musholla tempat pertama kali belajar ngaji

Sungai tempat saya mandi juga
Dulu bapak saya memiliki usaha, yaitu pembibitan kayu sengon. Namun karena pindah ke Nganjuk, akhirnya diteruskan oleh partnernya yang memang sebellumnya sudah berpartner. Dan usaha itu sampai sekarang masih ada.


Bapak bersama partner bisnisnya
Saat menanam bibitnya

ditutup sementara
bibit sudah mulai tumbuh


saat sudah besar
dipotong
Di Lumajang, ada sesuatu yang menarik, yaitu sebuah sungai yang boleh dimanfaatkan untuk warga untuk budidaya ikan. Di sungai tersebut dipasang kotak-kotak untuk rumah budidayanya. Air mengalir alami. 1 rumah bisa memiliki tempat budidaya sampai 5 kotak. Dan ini resmi, berijin dari pemerintah daerah. Budidaya seperti ini sangat menguntunkan warga kota terutama yang tidak memiliki lahan. Dan tempat ini sering mendapat kunjungan dari berbagai kampus di Indonesia.

Bapak bersama Pak Lihun, sahabatan sejak muda

Sungai difungsikan tempat ikan
Lumajang, kota pisang. Ada pisang agung yang sangat besar-besar, yang terkenal dan menjadi khas kota Lumajang. Ada pasar gedang juga. Dan ada ratusan UKM kripik pisang, yang memang menjadi makanan khas dari kota Lumajang.

Lumajang, kota yang sangat indah, suasana sejuk. Pengen suatu saat berkunjung ke sana lagi. Lumajang, tempat lahir beta.
Andrik, tetangga saya dulu

Comments

Popular posts from this blog

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Kedai Inspirasi, Tempat Nongkrong Unik Pertama di Nganjuk

Sejak 1 Januari 2017, di Nganjuk, tepatnya di Jl. DI Panjaitan No 21 Nganjuk (belakang Pasar Wage Nganjuk ke selatan) telah dibuka sebuah warung kopi yang dinamakan Kedai Inspirasi. Berbagai keunikan fasilitas yang diberikan di kedai ini, yang membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi tempat unik pertama di Kota Nganjuk. Ingin tau keunikan apa saja yang ada di tempat ini? YUK kita simak.
Kedai Inspirasi ini, terdapat titik-titik untuk berfoto-foto untuk mereka yang gemar melakukan selfie. Dan uniknya, dengan trik foto yang sederhana, para pengunjung dapat memiliki foto yang di luar perkiraan. Menurut pemiliknya, ini merupakan yang pertama di Nganjuk.

Selain itu, terdapat berbagai kata-kata motivasi untuk kalangan anak muda, juga joke-joke yang menohok. Hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat anak muda Nganjuk pada khususnya untuk menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.
Di Kedai Inspirasi tersebut, juga memiliki keunikan dalam pelayanan makanannya, yaitu drive thru…