Skip to main content

Cara China Membina PKL

Di China, terutama diluar zona ekonomi, setiap orang berhak mendapatkan tempat untuk berdagang dipasar yang disediakan pemerintah. Jadi kalau pemerintah bangun pasar maka semua PKL harus dapat jatah kios. Skema kepemilikan kios ada dua. Pertama, bagi hasil berdasarkan omzet atau hak pakai selama 100 tahun melalui sewa. Apakah dia mau bagi hasil atau hak pakai? Selama pembangunan pasar itu PKL harus menabung agar mencapai 30% dari harga kios. Ini untuk memastikan bahwa PKL itu memang qualified sebagai pedagang. Pembangunan tidak diserahkan kepada developer tapi oleh pemda sendiri. Jadi harga kios tentu bukan harga seperti kalau developer swasta yang bangun. Rata rata satu kios di China harganya tidak lebih Rp 30 juta untuk ukuran 2,5 x 3 meter. Jadi benar benar pasar dibangun bukan motive business rente menarik laba dari propery tapi murni untuk peningkatan ekonomi.

Pedagang tidak boleh menentukan apa barang dagangannya. Tapi yang menentukan barang dagangannya adalah pemda. Mengapa? karena pasar itu dibangun sebagai pusat kegiatan ekonomi dimana konsumen dan pedagang, produsen bertemu. PEMDA lakukan riset atas demand and supply dengan luas sebelum pasar di bangun. Lantas apa jadinya bila ternyata pedagang gagal dalam bisnisnya? Misal tidak ada konsumen. Pemda akan bail out kerugiannya. Tentu dengan syarat pembukuan dari pedagang harus tertip. Enak kan ? tentu enak bagi yang mau kerja keras. Tapi bagi yang malas tetap aja engga enak. Mengapa ? karena kebebasannya terpasung. Apabila dia terlambat buka kios atau terlalu cepat tutup maka hanya masalah waktu Pemda akan tendang dia keluar dari pasar. Kerugian tanggung sendiri.

Mengapa? Karena pasar itu disediakan bukan hanya untuk kepentingan pedagang tapi juga konsumen. Dan konsumen punya hak dan kebebasan kapan saja belanja, dan pedagang harus tunggu dengan sabar. Jadi mental mendekati pembeli seperti PKL jelas tidak dibenarkan. Apa yang terjadi? setiap pasar baru di dirikan sebetulnya pemerintah juga melakukan penataan tata ruang sesuai dengan design kota. Tentu ketika pasar dibangun, tempat hunian baru juga akan berkembang. Dan lagi para pedagang engga ada resiko. Karena andaikan tidak ada konsumen di pasar yang baru didirikan itu, pemda akan bail out. Jadi ketika pemda memaksa orang berdagang di pasar pada waktu bersamaan pemda juga bertanggung jawab atas resiko. Tidak ada sikap zolim penguasa kepada rakyat. Pinsipnya keadilan.

Bagaimana realisasinya? Hampir tidak ada pasar konvensional bangkrut. Hampir semua pasar ramai di datangi konsumen dan menggeser keberadaan mall. Kini ada lebih 200 mall di seluruh Cina bangkrut karena kalah bersaing dengan Pasar konvensional. Mengapa? karena pemda bukan hanya membangun pasar tapi juga melakukan pembinaan kepada pedagang. Dari cara menjual, design outlet dan lagi pasar konvensional itu dibangun semegah Mall dengan standar fasilitas sama dengan mall. Apakah pemda rugi? TIDAK. Pemda mendapatkan PAD dari retribusi, bagi hasil dan uang sewa hak pakai.

Menurut teman saya dari China Minsheng bank (bank koperasi di China) rata rata dalam dua tahun sudah kembali investasi pasar itu dan pemda selanjutnya bisa leverage pasar itu untuk membangun ditempat lain. Jadi pembangunan pasar memang tidak berasal dari APBD tapi dari masyarakat sendiri. Dengan cara gotong royong melalui skema financial engineering. Mengapa ini bisa terjadi ? karena pemda nya smart dan tegas menegakkan aturan serta berniat baik. Bagi mereka sukses kota hanya diukur dari meningkatnya ekonomi rakyat dan itu tidak datang dari donasi pemerintah atau pembiaran melakukan pelanggaran atas hak publik, tapi berkat kreatifitas dan kemandirian rakyal dan pemda bertugas membina mereka, karena itu rakyat menggajinya.

Sumber DDB.

Comments

Popular Posts

Tips : Pentingnya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kerja

Bicara tentang kebersihan, kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan tempat kerja. Pernahkah terbayang, bagaimana rasanya kalau lingkungan tempat kita bekerja tidak bersih? Pastinya akan tumbuh rasa ketidaknyamanan dalam bekerja dan beraktivitas.

Berikut beberapa akibat dari pengaturan tempat kerja yang tidak rapi dan bersih:

Tempat kerja yang padat.Kesulitan mencari perkakas, material, Dapat menimbulkan stress.
Sedangkan keuntungan dari menjaga kebersihan di lingkungan tempat kerja adalah sbb:

Berkurangnya resiko kecelakaan dan cideraMewujudkan tenaga kerja yang sehat dan produktifBerkurangnya resiko kebakaranBerkurangnya waktu yang terbuang untuk mencari perkakas, material dan peralata
Untuk menciptakan suasana kerja yang bersih dan rapi, berikut beberapa tips yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kerja: Memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan lagiMenentukan tata letak dengan rapi, sehingga da…

Teknik Selling Rasulullah (3) : 24 Cara Menjual yang Wajib Dihindari

Nah, kali ini saya share juga 24 cara menjual yang wajib dihindari, sesuai yang diajarkan Rasulullah masih dari buku yang sama seperti artikel terkait sebelumnya. Agar penjual profesional mendapat keuntungan luar biasa dan menghasilkan Word of Mouth, ia wajib menghindari 24 cara menjual yang tidak Islami berikut ini :

1. Berbohong Rasulullah saw selalu jujur dalam berjualan, beliau memilih menceritakan berapa harga barang yang dibelinya dan memberi kebebasan para pembeli untuk memberikan keuntungan kepadanya. Nah ini jarang sekali terjadi di masa sekarang. Siap?
2. Menggunakan Undian Menggunakan sistem undian merupakan tindakan yang harus dihindari karena sifatnya sama dengan berjudi. Undian yang dilarang adalah yang dilakukan dengan menarik sejumlah uang untuk memperoleh kupon yang akan diundi. Dalam Al-Quran juga sudah disebutkan dalam Surat Al-Maidah ayat 90-91 yang artinya sebagai berikut : "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, maisir, (berkorban untuk) b…

Setiap Manusia Ada Masanya, Setiap Masa Ada Manusianya

Papua 2 jam lebih awal dari Jawa, Tapi tidak berarti Jawa lambat, atau Papua cepat. Keduanya bekerja sesuai "Zona Waktu"nya masing-masing.
Seseorang masih sendiri. Seseorang menikah dan menunggu 10 tahun utk memiliki momongan.  Ada juga yang memiliki momongan dalam setahun usia pernikahannya.
Seseorang lulus kuliah di usia 22th, tapi menunggu 5 tahun utk mendapatkan pekerjaan tetap; yang lainnya lulus di usia 27th dan langsung bekerja.
Seseorang menjadi CEO di usia 25 dan meninggal di usia 50 saat yg lain menjadi CEO di usia 50 dan hidup hingga usia 70 th.
Setiap orang bekerja sesuai "Zona Waktu"nya masing-masing.
Seseorang bisa mencapai banyak hal dengan kecepatannya masing-masing.
Bekerjalah sesuai "Zona Waktu"mu.
Kolegamu, teman-teman, adik kelasmu mungkin "tampak" lebih maju. Mungkin yang lainnya "tampak" di belakangmu.
Setiap orang di dunia ini berlari di perlombaannya sendiri, jalurnya sendiri, dlm waktunya masing-masing. Alloh.S…